Tips Fotografi dan Memotret Model Wanita

Tips Fotografi dan Memotret Model Wanita

Wawasan Eureka. Dalam dunia fotografi, Genre fotografi model atau modeling adalah genre yang paling populer karena sangat banyak digemari dan objek yang sangat banyak. Untuk fotografi pemula bahkan bisa menjadikan teman perempuannya sebagai model dadakan ketika tidak memiliki cukup bajet untut membayar model profesional.

Meskipun genre foto model adalah genre paling populer, tidak mudah membuat foto menjadi berkesan dan cantik, dibutuhkan beberapa tips dalam memotret yang harus diperhatikan. Berikut ini berapa tips dan cara memotret foto model yang mungkin membantu foto anda menjadi lebih baik.


Lensa dengan Bukaan Sweet
Lensa adalah kekuatan dari seorang fotografer, sangat sulit menghasilkan foto jika menggunakan lensa biasa. Misalnya dalam membuat foto landscape dibutuhkan lensa wide, meskupun fotografi adalah sebuah seni yang tidak memiliki aturan baku, tapi keindahan itu mutlak. Dalam fotografi model lensa yang paling umum digunakan adalah lensa dengan bukaan besar mulai berkisar f/4 sampai dengan f/1.8. Semakin besar bukaan semakin tipis ruang DOF nya sehingga menghasilkan bokeh yang sangat indah di belakang model. Setiap lensa juga memiliki karakter dari bokeh yang tergantung dari jenis aperture yang digunakan oleh lensa.
Foto Model Igo Lensa dengan Bukaan Sweet

Mimik dari model
Dalam sebuah foto model, mimik adalah nilai jual dari sebuah foto terutama foto model jenis landscape. Sebuah catatan dalam dunia fotografi yang bernilai mutlak adalah model cantik belum tentu menghasilkan foto yang baik, namun model dengan mimik yang baik akan menghasilkan foto yang berkelas. Mimik muka harus disesuaikan dengan kondisi model dan juga wardrobe yang digunakan. Foto model tidak hanya foto potrait namun sekali anda membuat foto potrait makan POI foto anda akan berada bada mata si model.
Foto model dengan konsep hijab yang cantik

Foto Model tidak Selamanya Potrait
Dalam memotret model, Potrait bukanlah satu-satunya aliran dalam foto. Bagi mereka yang tidak begitu menguasai permainan mimik maka properti dan bacgkround akan menjadi bantuan yang sangat berguna dalam mempercantik foto anda. Sama halnya foto landscape, komposisi adalah kunci dari foto model dengan latar. Mengikuti aturan rule of three bisa menjadi saran yang paling baik untuk foto anda.

Foto model sederhana

Natural Frame
Natural frame adalah frame atau bingkai yang berasal dari tempat anda mengambil gambar. Jika bagian bawah dari model terlihat mati, cobalah mengambil frame dari bunga dengan bentuk blur dari bungan dibagian depan model. Mengambil bagian dari bunga akan memberikan kesan tambahan dari foto anda.

Konsep foto model igo

Gestur Tubuh 
Salah satu andalan dari foto model adalah gestur tubuh dari model. salah posisi dalam gestur dapat menyebabkan foto menjadi hampa.Kembali lagi pada kemampuan sanga fotografer mengambil posisi pada saat memotret. Dalam sebuah fotografi model, sang model harus memiliki kemampua yang baik dalam membaca bentuk tubuhnya. Salah gestur akan membuat foto terlihat lebih gemuk dan tentunya tidak sedap dipandang oleh mata.
Konsep foto model igo cantik

Mata
Mata adalah bagian utama dari wajah yang memberikan mimik dari sang model, memainkan mata akan membuat foto anda semakin memiliki taste. Sebagai contoh jika model dengan konsep lembut menutup mata atau memandang ke arah langit adalah saran yang paling dalam memotret model. Mata yang melotot lebih cenderung menggambarkan karakter kuat dan cocok untuk konsep armi. Perhatikan wardrobe model anda dan sesuaikan dengan latar dari foto kembali menjadi kunci dari fotografi
Konsep fotografi model igo yang cantik

Karakter dari Model
Karakter dari model adalah pembawaan model secara umum, tidak semua model mampu mengganti karakter di depan kamera, oleh karena itu memahami karakter model akan membantu menghasilkan mimik yang baik dalam foto anda. Jangan pernah memaksakan karakter pada seorang model karena akan merusak mimik dari foto model anda, biarkan foto itu mengalir karena karakter tersebut akan memperkuat nilai estetika dari foto anda.
Karakter yang disesuiakan dengan mimik

Kesalahan dalam Fotografi Model bagi Para Pemula

Salah Kaprah dengan Wardrobe
Beberapa fotografer pemula adalah tidak memperhatikan wardrobe atau menganggap wardrobe yang baik akan menghasilkan foto yang baik. Wardrobe yang baik hanya salah satu faktor dari aspek pemanis dari sebuah foto, seperti pada gambar di bawah ini menunjukkan wardrobe yang manis namun mimik dari sang model tidak sesuai dengan wardrobe yang cerah.
Model igo yang salah kaprah

Foto model Seksi selalu lebih menarik
Please, Dunia foto model bukanlah dunia pornografi. Model dengan pakaian seksi dan foto dengan konsep seksi di pinggir kolam renang belum tentu menghasilkan foto yang baik jika anda gagal dalam menuangkan konsep pada foto anda. Sisi seksi dalam fotografi bukanlah pakaian tapi gestur tubuh dari model, kolam renang juga bukanlah faktor utama dalam menghasilkan foto yang wah.

Foto model igo di kolam renang

Teman Yang cantik akan menjadi model yang baik 
Kebanyakan fotografer pemula beranggapan bahwa teman wanita yang cantik akan menghasilkan foto yang cantik pula. Sehingga kebanyakan dari mereka akan pulang dengan perasaan kecewa ketika mengajak teman cewek mereka hunting dengan harapan menghasilkan foto yang cantik pula. Hal yang diperhatikan seni tidak akan mudah dihasilkan, Jika anda berfikiran seni muda dihasilkan makan foto yang anda buat akan seperti foto yang tidak lebih kelas facebook yang di beri like karena kenal atau modus doank.
 
Konsep foto sederhana

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Fotografi dan Memotret Model Wanita"

Post a Comment